BLANTERORIONv101

Metode Pemberian Ampunan dan Bimbingan

1 September 2023

Metode mengajar dengan cara memberikan kesempatan kepada anak didik memperbaiki tingkah lakunya dan mengembangkan dirinya. Metode ini dapat digunakan pada semua aspek pembelajaran PAI.
Berikut ini adalah contoh-contoh praktis model kegiatan pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). Dalam disain model-model ini digunakan variasi metode pembelajaran secara kombinatif, memanfaatkan tipe-tipe belajar siswa baik auditif, visual, maupun kinestetik; demikian juga fungsi intelek dan perasaannya sehingga kompetensi siswa dapat berkembang secara terpadu.

1.    Jigsaw Learning
Model pembelajaran yang memiliki kesamaan dengan model “pertukaran dari kelompok” (group-to-group exchange), dengan suatu perbedaan penting: setiap siswa mengajarkan sesuatu.
Ini adalah alternatif menarik, ketika ada materi pelajaran yang banyak, dapat dipelajari dengan disingkat atau “dipotong”, dengan ketentuan tidak ada bagian yang harus diajarkan sebelum bagian yang lain.
Setiap kali siswa mempelajari sesuatu yang dipadukan dengan materi yang telah dipelajari oleh siswa lain, dibuat sebuah kumpulan pengetahuan yang bertalian.
2.    Everyone Is a Teacher Here (Everyone can be a teacher)
Setiap Orang adalah Guru; ini merupakan sebuah model strategi yang mudah memperoleh partisipasi kelas yang besar dan tanggung jawab individu. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk bertindak sebagai seorang ”pengajar” terhadap siswa lain.
3.    Team Quiz (Menguji Tim)
Teknik ini meningkatkan kemampuan tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak menakutkan.
Sebagai contoh, Teknik ini bisa digunakan untuk membahas “Isi Kandungan Ayat/Surat Pendek al-Qur’an, penerapan isi kandungan ayat, atau hukum tajwid”
4.     Poster Session (Membahas Poster)
Merupakan Metode presentasi alternatif ini merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada siswa secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka. Teknik ini juga sebuah cara cerita dan grafik yang memungkinkan siswa mengekspresikan persepsi dan perasaan mereka tentang topik yang sekarang sedang dibahas.
5.    Information Search (Pencarian Informasi)
Metode ini sama dengan ujian open book. Tim mencari informasi (normalnya dilakukan dalam pelajaran dengan metode ceramah) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya. Metode ini khususnya sangat membantu dalam materi yang membosankan. Misal: ”Beriman kepada Zat dan Af’al Allah melalui Telaah QS. Al-Fatihah dan Al-Nas”.
6.    Card Sort (Memilah dan Memilih Kartu)
Ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu obyek, atau mengulangi informasi. Gerakan fisik yang diutamakan dapat membantu untuk memberi energi kepada kelas yang telah letih.

Comments