Langkah-langkah Model Open Ended Learning
Secara umum, Kahfi
(2011: 24) menyebutkan langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan
pendekatan pembelajaran open-ended meliputi (1) guru memberi masalah (2) siswa
mengeksplorasai masalah; (3) guru merekam respon siswa (4) pembahasan respon
siswa (kelas); dan (5) siswa meringkas apa yang dipelajari.
Berdasarkan uraian tentang
pembelajaran open-ended, garis besar
langkah pembelajrannya meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan
akhir. Kegiatan ini mencakup kegiatan memberikan masalah, merekan repon yang
diharapkan dari siswa, membahas respon siswa, dan meringkas apa yang telah
dipelajari. Langkah-langkah pembelajaran model OEL secara terperinci memuat (kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan
akhir) sebagai berikut:
a.
Kegiatan Awal
Guru melakukan tanya jawab untuk mengecek pengetahuan
prasyarat dan keterampilan yang dimiliki siswa (apersepsi). Guru
menginformasikan kepada siswa materi yang akan mereka pelajari, dan kegunaan
materi tersebut (motivasi).
b.
Kegiatan Inti
1) Memberikan masalah, guru memberikan masalah open-ended
yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa dapat
memahaminya dan menemukan pendekatan penyelesaiannya.
2)
Mengeksplorasi masalah, waktu mengeksplorasi masalah
dibagi dalam dua sesi.
3)
Merekam respon siswa.
4)
Guru mencatat respon siswa.
5)
Meringkas apa yang dipelajari.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Guru meluruskan misskonsepsi yang terjadi (jika ada).
2) Guru memberikan perluasan wawasan bagi siswa terkait
dengan konsep yang baru saja didiskusikan.
3)
Guru memberikan soal-soal atau tugas untuk dikerjakan
dirumah.
Guru memberikan informasi tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Social Media